Responsive image

Jika seseorang berpikir bahwa perdamaian dan cinta adalah hal klise yang harus telah ditinggalkan di tahun 60an, itu adalah masalah. Perdamaian dan Cinta adalah abadi.

Jhon Lennon

Hak Gay (LGBTIQ) adalah hak asasi manusia.

Hillary Clinton

Kami bukan mitos masa lalu, reruntuhan dalam hutan, atau kebun binatang. Kami adalah manusia dan kami ingin dihormati, bukan menjadi korban intoleransi dan rasisme.

Rigoberta Menchu

Pada dasarnya kita tidak bisa memiliki kedamaian, atau kondisi yang menumbuhkan kedamaian tersebut, kecuali jika kita mengakui hak-hak asassi tiap individu, kepentingan mereka, martabat mereka, dan setuju bahwa itu adalah hal dasar yang harus diterima di seluruh dunia.

Eleanor Roosevelt

Silahkan gunakan kebebasan anda untuk mempromosikan kebebasan kami.

Aung San Suu Kyi

Dukungan untuk Pembukaan Segel Masjid Nur Khilafat Ciamis


Jumat, 04 Juli 2014 - 15:02:20 WIB
Diposting oleh : Administrator .:. Kat: Surat Terbuka .:. Hits: 38386 kali

silahkan gunakan kebebasan anda untuk mendukung kebebasan kami, dengan mengirim surat berikut ke:

Kantor Bupati Ciamis (via Pos / faks)
Jl. Jend. Sudirman No. 16, Ciamis - Jawa Barat
Telp. (0265) 771019, Fax: (0265) 772776

_____________________________________________________________________________________________________

Kepada Yth,

Bapak Iing Syam Arifin
Bupati Kabupaten Ciamis

Di -
     Ciamis


Dengan hormat,

Kiranya dalam suasana bulan Ramadhan yang suci dan penuh berkah ini, Bapak dan aparatus pemerintahan Kabupaten Ciamis tetap berada dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa.

SOBAT KBB adalah organisasi yang menghimpun korban pelanggaran hak asasi manusia di seluruh Indonesia. Organisasi ini dideklarasikan pembentukannya sejak Maret 2013 dengan tujuan menguatkan solidaritas antar korban dan menopang proses advokasi pemenuhan hak-hak konstitusional warga Negara Indoensia untuk kebebasan beragama/berkepercayaan. Kami, Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) Sulawesi adalah salah satu anggota dari SOBAT KBB yang aktif dalam mempromosikan, memantau tindak kekerasan dan mendampingi korban tindak kekerasan yang terjadi di Indonesia.

Pada tanggal 26 Juni 2014, Kami telah menerima informasi terkait penyegelan Mesjid Nur Khilafat, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Penyegelan tersebut dilakukan oleh Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Ciamis  yang disaksikan oleh beberapa anggota kepolisian setempat. Dalam informasi tersebut, Kami mengetahui bahwa tindakan penyegelan tersebut didasarkan pada perintah Bapak selaku kepala pemerintahan Kabupaten Ciamis. Akibat dari penyegelan ini, Umat Muslim Ahmadiyah di Kabupaten Ciamis tidak dapat menjalankan ibadah dan aktivitas keagamaan. Berdasarkan pasal 28E dan pasal 29 UUD 1945, Kami menilai kebijakan yang Bapak keluarkan telah menyebabkan hilangnya hak dasar warga Negara dalam menjalankan ibadah berdasarkan agama dan keyakinannya.

Seluruh korban pelanggaran hak asasi manusia di seluruh Indonesia yang terhimpun dalam organisasi SOBAT KBB menyayangkan sikap Bapak mengeluarkan keputusan yang menjadi dasar penyegelan masjid tersebut. Apapun alasannya, hak-hak dasar warga Negara harus dijamin perlindungan dan pemenuhannya oleh Negara.

Kami mengingatkan bahwa keputusan Bapak tersebut telah melanggar sumpah dan jabatan sebagai aparatus Negara yang secara mengikat harus menjalankan mandat konstitusi, dalam hal ini setiap warga Negara dijamin penuh oleh Konstitusi Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia, pasal 28E (ayat 1-3) dan pasal 29 (ayat 1-2).

Kami menilai, dasar hukum dari keputusan bapak melalui surat perintah penutupan Mesjid Nur Khilafat dengan menggunakan SKB 3 Menteri No. 3 Tahun 2008 dan Peraturan Gubernur Jawa Barat No. 12 tahun 2011, merupakan penerapan yang keliru. Tidak satupun klausul dari kebijakan tersebut memberikan kewenangan kepada Kepala Daerah untuk melarang ibadah dan  melakukan penutupan atau penyegelan rumah ibadah. Sebaliknya, kedua kebijakan tersebut justru tegas berisikan pelarangan bagi masyarakat melakukan tindakan sewenang-wenang kepada warga Negara lainnya.

Atas kondisi tersebut, SOBAT KBB meminta Bapak selaku Kepala Daerah Kabupaten Ciamis untuk dapat megambil langkah-langkah perlindungan dan pemenuhan hak warga Negara, dengan:

  1. Memerintahkan Satpol PP dan aparat terkait lainnya untuk membuka kembali Mesjid Ahmadiyah dan mencabut poster yang bertuliskan ‘Larangan Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Plus Kabupaten Ciamis’ yang dipasang pada pintu dan dinding Mesjid;
  2. Memberi jaminan perlindungan bagi Umat Muslim Ahmadiyah di  Ciamis untuk menjalankan ibadah sebagaimana diamanatkan Konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia;
  3. Memerintahkan seluruh aparat pemerintahan di seluruh wilayah Kabupaten Ciamis agar dalam menjalankan tugas dan amanahnya untuk melayani warga tetap mengutamakan  perlindungan bagi setiap warga Negara c.q Umat Muslim Ahmadiyah dari berbagai bentuk ancaman dan aksi kekerasan lainnya;
  4. Menolak tegas intervensi dari kelompok-kelompok tertentu yang mengarahkan pemerintahan di Kabupaten Ciamis untuk bertindak inkonstitutional dengan bentuk pelarangan bagi Umat Muslim Ahmadiyah untuk beribadah.

Kami berharap, Bapak dapat menjalankan amanah konstitusi sehingga dapat terwujudnya tata pemerintahan yang menghormati hak asasi manusia.

Demikian hal ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya yang baik, Kami ucapkan terimakasih.
 
Hormat Kami,
KontraS Sulawesi



David Fau
Kadiv. Kampanye dan Jaringan
 

Tembusan, kepada Yth. :

  1. Presiden RI
  2. Menteri Dalam Negeri RI
  3. Menkopolhukam RI
  4. Kepala Kepolisian RI
  5. Komnas HAM RI
  6. Ombudsman RI
  7. Gubernur Jawa Barat
  8. Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat
  9. Kepala Polisi Resor Ciamis
  10. Arsip

 

Silahkan unduh contoh surat dukungan di sini

Berita Terkait