Responsive image

Membenarkan kekerasan, mengutip dari Kitab Suci, dan mengajarkan kebencian atas nama Tuhan.

Dream theater - in the Name of God

Silahkan gunakan kebebasan anda untuk mempromosikan kebebasan kami.

Aung San Suu Kyi

Jika seseorang berpikir bahwa perdamaian dan cinta adalah hal klise yang harus telah ditinggalkan di tahun 60an, itu adalah masalah. Perdamaian dan Cinta adalah abadi.

Jhon Lennon

Hak Gay (LGBTIQ) adalah hak asasi manusia.

Hillary Clinton

Setiap pemikiran, setiap kata, dan setiap tindakan yang menambah hal positif dan sehat adalah bentuk kontribusi untuk perdamaian. Seluruh dan setiap orang dapat member kontribusinya. Mari kita bergandengan tangan untuk menciptakan perdamaian dunia dimana kita dapat tidur dalam kedamaian dan bangun dalam kebahagiaan.

Aung San Suu Kyi

Diskusi Penyelesaian Konflik Agraria di Sulawesi Selatan


Rabu, 10 Juni 2015 - 11:05:58 WIB
Diposting oleh : Administrator .:. Kat: Kabar Wilayah Sulawesi Selatan .:. Hits: 1355 kali

30diskusi

Menyikapi berbagai konflik agraria di Sulawesi Selatan, baik di sektor perkebunan, kehutanan dan pertambangan, beberapa organisasi diantaranya KontraS Sulawesi, Balang Institut, Agra Sulawesi Selatan, dan AMAN Sulawesi Selatan berdiskusi bersama terkait upaya-upaya mendorong penyelesaian berbagai konflik yang terjadi. Pertemuan ini dilaksanakan di kantor KontraS Sulawesi pada hari Rabu, 10 Juni 2015.

Dari sisi regulasi, ada beberapa kebijakan yang memberi peluang untuk menyelesaikan berbagai konflik agraria yang terjadi tersebut. Salah satunya adalah lahirnya peraturan bersama 4 menteri; Menteri Kehutanan, Menteri Dalam Negeri, Menteri PU dan Kepala BPN Nasional No. 79 tahun 2014, PB.3/MENHUT-II/2014, 17.PRT/M/2014, 8/SKB/X/2014 tentang Tata Cara Penyelesaian Penguasaan Tanah yang berada di dalam Kawasan Hutan.

Peraturan bersama tersebut kemudian melahirkan program Inventarisasi Penguasaan, Pemilikan, Penggunaan, dan Pemanfaatan Tanah (IP4T) yang merupakan kegiatan pendataan penguasaan, pemilikan, penggunaan, dan pemafaatan tanah, yang diolah dengan sistem informasi geografis, sehingga menghasilkan peta dan informasi mengenai penguasaan tanah oleh pemohon.

Diskusi kali ini lebih mendetailkan pada agenda kerja masing-masing organisasi dan jaringan di beberapa wilayah, termasuk agenda pertemuan merefleksikan kerja-kerja yang selama ini telah dilakukan secara bersama.

Berita Terkait