Pelatihan HAM untuk Pendamping Korban Pelanggaran HAM Se-Sulawesi

Nurhasanah, salah satu peserta pelatihan yang mewakili YDRI (Sulawesi Utara), memaparkan bahwa peserta pelatihan dengan latar belakang yang beragam terlihat antusias mengikuti pelatihan.
03Pelatihan HAM 2014 - KontraS Sulawesi

Ekspansi investor di bidang pertambangan mineral di wilayah Sulawesi secara massif terjadi sejak tahun 2007. Hutan Negara yang menjadi hutan produksi dan hutan lindung serta lahan-lahan pertanian milik masyarakat adat dirusak untuk kepentingan pertambangan. Masyarakat sekitar pertambangan yang berusaha melakukan perlawan harus berurusan dengan pihak penegak hukum dengan tuduhan menghalang-halangi pertambangan, bahkan tidak cenderung masyarakat tersebut mengalami tindakan kekerasan. Selain itu, Sulawesi juga kerap mengalami kekerasan dalam isu kebebasan beragama, berkeyakinan dan beribadah. Beberapa pihak acap kali melakukan penyerangan, tindakan kekerasan terhadap komunitas agama minoritas. Di sisi lain, wilayah paska konflik di Sulawesi, terutama di Sulawesi Tengah masih diselimuti dengan ketidakamanan atas isu terorisme yang tidak menutup kemungkinan masyarakat sipil mengalami penembakan, penganiyaan dan penangkapan sewenang-wenang. Kondisi ini juga turut berpengaruh terhadap kondisi keamanan diri para pendamping korban pelanggaran HAM.

Atas kondisi HAM di Sulawesi yang digambarkan secara ringkas tersebut menjadi landasan bagi KontraS Sulawesi untuk melakukan Pelatihan HAM untuk pendamping korban pelanggaran HAM di wilayah Sulawesi. Dalam pelatihan ini, para pembela HAM dituntut untuk terus meningkatkan pemahaman dan pengetahuannya, baik menyangkut pemahaman atas instrumen-instrumen HAM Internasional yang telah diratifikasi oleh pemerintah Indonesia maupun terhadap instrumen-instrumen HAM Nasional yang ada. Selain itu, dapat memahami mekanisme advokasi, pemantauan dan pendokumentasian yang baik terhadap peristiwa-peristiwa pelanggaran HAM yang terjadi di wilayah masing-masing termasuk di dalamnya kerja-kerja berjaringan.

Pelatihan HAM 2014 - KontraS Sulawesi

04Pelatihan HAM 2014 - KontraS Sulawesi

Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 24 – 26 Januari 2014 di Tentena, Poso – Sulawesi Tengah dan dihadiri oleh sejumlah Civil Society yang menjadi jaringan advokasi KontraS Sulawesi. Syamsul Alam Agus dalam pemaparannya sebagai fasilitator untuk materi Konsep HAM dasar, pemantauan dan pendokumentasian pelanggaran HAM, menyampaikan bahwa para pendamping HAM membutuhkan peningkatan kapasitasnya terutam bagi mereka yang berhubungan langsung dengan peristiwa pelanggaran HAM, dimana dibutuhkan kecakapan dalam mendokumentasikan kasus dan mendampingi korban pelanggaran HAM. Sementara itu, Haris Azhar (KontraS Jakarta) menyampaikan beberapa hal dalam melakukan pendekatan advokasi litigasi dan non-litigasi atas isu-isu pelanggaran HAM yang terjadi di wilayah Sulawesi.

02Pelatihan HAM 2014 - KontraS Sulawesi

Nurhasanah, salah satu peserta pelatihan yang mewakili YDRI (Sulawesi Utara), memaparkan bahwa peserta pelatihan dengan latar belakang yang beragam terlihat antusias mengikuti pelatihan. Bahkan dalam satu sesi khusus menyatakan bahwa pelatihan ini sangat berguna untuk mengetahui gambaran kondisi HAM di wilayah Sulawesi dan dapat memperkuat strategi kerja-kerja advokasi dalam menghadapi kasus-kasus pelanggaran HAM di Sulawesi.[]

03Pelatihan HAM 2014 - KontraS Sulawesi

Leave a Replay

Artikel Terbaru

Follow Us

Daftar untuk Berita Terbaru