Peringati Hari Penghilangan Paksa, KontraS Sulawesi Diskusi Publik di Unhas

“Publik harus tahu bahwa di Indonesia ada banyak kasus penghilangan paksa seperti tragedi kemanusiaan 1965-1966, kasus penculikan aktivis sekitar tahun 1998. Bahkan kasus Timor-timur juga masuk kategori orang hilang.
92nasrum

Seputarsulawesi.com, Makassar- Besok, Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) Sulawesi akan menghelak diskusi publik di Taman Sospol UNHAS dalam rangka peringatan Hari Anti Penghilangan Paksa Internasional yang jatuh pada 30 Agustus 2016.

Koordinator KontraS Sulawesi, Nasrum mengatakan peringatan Hari Anti Penghilangan Paksa Internasional, setiap tahun dilaksanakan. Tujuannya untuk mengingatkan kembali pemerintah adanya berbagai kasus penghilangan paksa yang pernah terjadi di Indonesia, khususnya pada masa orde lama dan masa reformasi.

“Publik harus tahu bahwa di Indonesia ada banyak kasus penghilangan paksa seperti tragedi kemanusiaan 1965-1966, kasus penculikan aktivis sekitar tahun 1998. Bahkan kasus Timor-timur juga masuk kategori orang hilang.  Di mana ada beberapa anak dibawa umur antara tahun 1975-1999 dipisahkan dari orang tuanya dan dibawa keluar Timor-timur ke berbagai daerah di Indonesia, termaksud ke wilayah Sulawesi.” Kata pria yang akrab disapa achunk ini kepada Seputarsulawesi.com, Senin (29/8).

Kasus Timor-timor, lanjut Achunk, bisa dikategorikan sebagai kasus orang hilang. Karena saat itu anak di bawah umur dipisahkan dari keluarganya. Dan yang membawa mereka ke Indonesia diantaranya oknum TNI, PNS atau masyarakat sipil lainnya yang bertugas di sana saat itu. Dan ada juga yang ke Indonesia melalui yayasan keagamaan.

“Negara ini terlalu banyak beban dan tanggungjawabnya  terhadap beberapa kasus masa lalu dan harus diselesaikan.” Tegas Achunk.

Selain diskusi publik, peringatan Hari Anti Penghilangan Paksa Internasional yang diinisiasi oleh KontraS Sulawesi juga menampilkan pementasan teatrikal, pembacaan kesaksian, pameran poster dan pementasan musik. (Iqbal Arsyad)

Sumber: seputarsulawesi.com

Leave a Replay

Artikel Terbaru

Follow Us

Daftar untuk Berita Terbaru