Siaran Pers

Hentikan Persekusi, Kekerasan, Diskriminasi Dan Rasialisme Kepada Rakyat Papua

Peristiwa kekerasan dan rasialisme yang terjadi pada tanggal 16 – 19 Agustus yang dialami mahasiswa Papua di sejumlah kota di Indonesia (Surabaya, Malang, Makassar, Yogjakarta, Medan) yang selanjutnya direaksi dengan kerusuhan di Manokwari dan Sorong menyadarkan kepada kita semua, bahwa ada persoalan struktural, sosial dan kultural yang sedang dihadapi Indonesia dalam memperlakukan Papua. Rakyat Papua seperti bukan kita, diskriminasi dan intimidasi terus terjadi dan disertai tindakan aksi rasisme. Keadilan tidak berpihak pada rakyat Papua yang diperantauan, berbanding terbalik dengan orang-orang non Papua yang merantau dan mencari nafkah di Papua.

Selengkapnya

Solidaritas Perjuangan Tanah untuk Rakyat : Usir PT. Lonsum, Kembalikan Tanah Ulayat Masyarakat Adat Ammatoa Kajang Bulukumba

Perampasan tanah/lahan yang dilakukan PT. Lonsum terhadap tanah/lahan Masyarakat Adat Ammatoa Kajang berdampak pada pelangaran Hak Asasi Manusia (HAM), hilanggnya hak atas penghidupan yang layak, hilangnya hak atas pekerjaan, hilanggnya hak atas pengembangan diri, hilangnya hak atas lingkungan hidup yang sehat dan hilangnya sumber penghidupan bagi kemakmuran rakyat.

Selengkapnya

Siaran Pers Bersama : Hentikan Kekerasan, Perampasan Lahan & Kriminalisasi Terhadap Masyarakat Hukum Adat Ammatoa Kajang, Bulukumba

Serangkaian masalah HGU PT. Lonsum telah berdampak pada pelanggaran HAM, yaitu berupa pengabaian dan tiadanya pengakuan dan perlindungan terhadap hak milik dan hak ulayat MHA Ammatoa Kajang, hak atas kehidupan yang layak termasuk pangan dan papan, hak atas pekerjaan termasuk mencari nafkah, hak untuk mengembangkan diri dan keluarga, dan hak atas lingkungan hidup yang sehat termasuk akses terhadap air bersih, sebagaimana diatur alam Pasal 28 UUD 1945 Jo. UU No. 39/1999 tentang HAM Jo. UU No. 11/2005 tentang Ratifikasi Kovenan Internasional Hak Ekonomi, Sosial, dan Budaya.

Selengkapnya
default image post KontraS Sulawesi

Surat Penolakan Pemberian Remisi Kepada Narapidana Atas Nama I Nyoman Susrama

Kontras Sulawesi bersama Koalisi Masyarakat Sipil Sulawesi Selatan Peduli Jurnalis dan Kebebasan Pers menolak pemberian remisi kepada narapidana atas nama I Nyoman Susrama. Koalisi menganggap bahwa kebijakan Remisi yang diberikan kepada Susrama, jelas menjadi preseden buruknya perlindungan terhadap kerja-kerja jurnalisme dan tentu menjadi ancaman terhadap kehidupan demokrasi itu sendiri.

Selengkapnya
default image post KontraS Sulawesi

LBH Makassar dan KontraS Sulawesi: Hentikan Kekerasan, Intimidasi dan Diskriminasi Terhadap Mahasiswa Papua di Makassar

Tindakan gabungan Ormas yang melarang mahasiswa Papua mengadakan aksi 1 Desember 2018 merupakan pembungkaman terhadap demokrasi. Tuduhan Gabungan Ormas tersebut yang mengatakan aksi yang direncanakan sebagai peringatan hari lahir Organisasi Papua Merdeka (OPM) dengan tuduhan akan memecah belah NKRI adalah tuduhan yang tidak berdasar dan diskriminatif.

Selengkapnya

Darurat Agraria Sulawesi Selatan

Perampasan ruang hidup petani oleh PTPN XIV telah mencoreng rencana pemerintah untuk melaksanakan reforma agraria sebagaimana yang tertuang dalam NAWACITA pemerintahan Jokowi-JK Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 yang memasukkan reforma agraria sebagai agenda prioritas.

Selengkapnya