Responsive image

Kami bukan mitos masa lalu, reruntuhan dalam hutan, atau kebun binatang. Kami adalah manusia dan kami ingin dihormati, bukan menjadi korban intoleransi dan rasisme.

Rigoberta Menchu

Membenarkan kekerasan, mengutip dari Kitab Suci, dan mengajarkan kebencian atas nama Tuhan.

Dream theater - in the Name of God

Setiap pemikiran, setiap kata, dan setiap tindakan yang menambah hal positif dan sehat adalah bentuk kontribusi untuk perdamaian. Seluruh dan setiap orang dapat member kontribusinya. Mari kita bergandengan tangan untuk menciptakan perdamaian dunia dimana kita dapat tidur dalam kedamaian dan bangun dalam kebahagiaan.

Aung San Suu Kyi

Tidak penting apapun agama atau sukumu. Kalau kamu bisa melakukan sesuatu yang baik untuk semua orang, orang tidak pernah tanya apa agamamu.

KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur)

Pada dasarnya kita tidak bisa memiliki kedamaian, atau kondisi yang menumbuhkan kedamaian tersebut, kecuali jika kita mengakui hak-hak asassi tiap individu, kepentingan mereka, martabat mereka, dan setuju bahwa itu adalah hal dasar yang harus diterima di seluruh dunia.

Eleanor Roosevelt

Program Kerja Utama


Program Kerja KontraS Sulawesi disusun berdasarkan pendekatan isu berbasis regional. Pertemuan dalam rangka penyusunan Rencana Strategis KontraS Sulawesi bersama Jaringan Kerja Advokasinya yang tersebar di 6 (enam) Provinsi di Sulawesi, di Tentena, Sulawesi Tengah, yang berlangsung selama dua hari (25 s.d 26 Januari 2014) telah melakukan pemetaan terkait isu-isu yang terjadi di wilayah masing-masing, yang garis besar meliputi: 1) Konflik Sumber daya alam (sengketa lahan, perkebunan, pertambangan); 2) Kekerasan oleh Negara yang bersumber dari kebijakan pemerintahan pusat (di Jakarta) dan pelaksana Negara di wilayah Sulawesi; 3) Pelanggaran HAM masa lalu; Kekerasan terhadap buruh migran; 4) kekerasan aparat yang meningkat dalam merespon kasus-kasus yang terjadi di masing-masing wilayah; 5) Meningkatnya konflik antar masyarakat yang dilatarbelakangi oleh faktor kebebasan beragama, beribadah, dan berkeyakinan; dan 6) Kebijakan pembangunan yang tidak berpihak pada korban di wilayah paska konflik.

Merespon isu-isu tersebut, KontraS Sulawesi menetapkan Program-Program Kerjanya untuk jangka waktu 3 (tiga) tahun ke depan, sebagai berikut:

  • Riset dan Pendokumentasian
    Program ini difokuskan pada kasus-kasus kekerasan oleh Negara dan Peristiwa Pelanggaran HAM masa lalu di wilayah Sulawesi.
  • Advokasi
    Program ini difokuskan pada kasus-Kasus Kekerasan oleh Negara berbasis pada Sumber Daya Alam, Kekerasan terhadap kelompok minirotas keagamaan, dan peristiwa pelanggaran HAM masa Lalu, termasuk di dalamnya keselamatan kerja-kerja Human Rights Defender di wilayah Sulawesi.
  • Kampanye dan Monitoring
    Program ini difokuskan pada agenda Reformasi Sektor Keamanan di wilayah Sulawesi termasuk penyelesaian kasus yang melibatkan aktor-aktor Reformasi Sektor Keamanan (TNI, POLRI, Paramiliter).
  • Kampanye Anti Kekerasan
    Program ini difokuskan pada penyebaran gagasan-gagasan anti kekerasan di Region Sulawesi.
  • Peningkatan Kapasitas Korban dan Jaringan Kerja Advokasi di Region Sulawesi
    Program ini difokuskan pada pendidikan, pelatihan tentang HAM termasuk di dalamnya sharing pengetahuan dan pembelajaran.

Program-Program tersebut akan dilaksanakan bersama dengan Jaringan Kerja Advokasi yang tersebar di wilayah Sulawesi.